Sejarah dan Manfaat Bunga Mawar

sejarah-mawar

Sejarah dan Manfaat Bunga Mawar 

Smartgirltips.com –  Mawar merupakan salah satu jenis tanaman semak sekaligus nama bunga yang dihasilkan. Tanaman bunga ini berasal dari genus Rosa. Pada umumnya tanaman spesies bunga mawar semak berduri atau memanjat dengan ketinggian sekitar 2 hingga 5 meter. Bunga mawar memiliki beragam warna mulai dari merah, putih, kuning, biru, merah muda, ungu gelap, hitam dan masih banyak lagi yang lainnya. Menurut sejarah, tanaman mawar berasal dari daratan china, eropa timur dan timur tengah, dan penyebaran tanaman mawar ini luas yaitu tersebar pada daerah beriklim sub tropis atau dingin dan tropis atau panas.

Terdapat lebih dari 100 spesies mawar liar yang banyak tumbuh di www.faunadanflora.com belahan bumi bagian utara yaitu daerah berudara sejuk dan diperkirakan ada sekitar 150 spesies dari genus rosa dan ribuan kultivar tumbuh dan tersebar. Penemu tanaman mawar antara lain Joséphine de Beauharnais, Jules Gravereaux, Jean-Baptiste Guillot, Jean Pernet, père, Joseph Pernet-Ducher, Conard-Pyle Co., David Austin dan Keluarga Meilland.

Menurut kebudayaan barat, mawar melambangkan cinta dan kecantikan. Dalam mitodologi Yunani bunga mawar dianggap suci untuk beberapa dewa. Namun, kini banyak orang di dunia menyebut bunga mawar adalah bunga lambang cinta. Selain itu Bunga mawar memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan dan kecantikan seperti dapat menghilangkan jerawat, dapat menjaga kesehatan kulit, dapat menjaga kesehatan mata, dapat membantu mengobati kaki bengkak, dapat membantu menurunkan tekanan darah, dapat membantu mengobati haid yang tidak teratur dan masih banyak lainnya manfaat dari mawar.

Berikut ini adalah spesies-spesies bunga mawar yang ada di dunia:

  • Spesies asal Eropa : Rosa alba, Rosa canina, Rosa gallica, Rosa chnamomea, Rosa spinosissma, Rosa cettifolia, Rosa wichuraiana.
  • Spesies asal Timur Tengah : Rosa fetida bicolor, Rosa fetida, Rosa feicikoana, Rosa fetida perciana, Rosa damascena.
  • Spesies asal Tiongkok : Rosa liviegata, Rosa gigantea, Rosa primula, Rosa sericana pteracantha, Rosa mulluganii, Rosa hugonis, Rosa banksiae lutea, Rosa chinensis.
  • Spesies asal Jepang : Rosa roxburghii ‘hirthua, Rosa roxburghii, Rosa wichuraina, Rosa mulitiflora, Rosa aciculaisis nipponensis, Rosa uchiyamana, Rosa rugosa, Rosa jasminoidesu, Rosa fujisanesis.
  • Spesies asal Amerika Serikat : Rosa nitida, Rosa california, Rosa cinemoemea.

Demikian penjelasan yang diberikan tentang Sejarah dan Manfaat Bunga Mawar  .Terimakasih telah menyimak penjelasan diatas. Semoga dengan membaca artikel ini, dapat menambah pengetahuan para pembaca dan informasi yang diberikan bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya: