Jenjang Pendidikan Formal Di Indonesia

Jenjang Pendidikan Formal Di Indonesia

Pendidikan Formal

Smartgirltips.com – Dalam dunia pendidikan, pendidikan memang ada berbagai macam kategori. Khususnya di Indonesia ada yang namanya jalur pendidikan formal, pendidikan informal, pendidikan nonformal. Ketiganya tentu punya sistem dan struktur pendidikan tersendiri yang masing – masing memiliki perbedaan.

Sistem pendidikan formal tentu berbeda dengan yang informal dan nonformal. Mengenai sistem pendidikan formal seperti yang sudah diatur oleh Undang – Undang memang ada beberapa jenjang pendidikan yang harus dilalui. Di Indonesia sendiri pendidikan formal ini dilindungi Undang – Undang dan diatur kurikulum serta basis pendidikannya oleh pemerintah sehingga menjadi metode wajib belajar bagi anak – anak yang penting dilalui untuk mendapatkan pendidikan umum, sosial, karakter, psikologi dan sebagainya. Apa saja jenjang pendidikan formal di Indonesia? klik disini

Jenjang Pendidikan Formal Di Indonesia

Pendidikan dasar

Pendidikan dasar sendiri merupakan pendidikan umum yang lamanya selama sembilan tahun dan pendidikan ini juga diselenggarakan selama enam tahun di sekolah dasar atau sederajad dan selama tiga tahun pada sekolah menengah pertama atau sederajad. Semuanya memiliki fungsi bagi pencapaian ilmu pendidikan.

Pendidikan menengah

Pendidikan menengah sendiri merupakan pendidikan yang diselenggarakan bagi lulusan pendidikan dasar baik SD dan SMP. Kemudian nantinya akan menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang punya kemampuan dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial budaya serta alam sekitar dan juga dapat membantu mengembangkan kemampuan lebih lanjut didalam dunia kerja atau dunia pendidikan tinggi. Beberapa jenjang dari pendidikan menengah yang bisa ditempuh diantaranya :

  • Pendidikan menengah setara Sekolah Menengah Umum
  • Pendidikan menengah setara Sekolah Menengah Kejuruan
  • Pendidikan menengah setara Sekolah Menengah Keagamaan
  • Pendidikan menengah setara Sekolah Menengah Kedinasan
  • Pendidikan menengah setara Sekolah Menengah Luar Biasa

Pendidikan tinggi

Pendidikan tinggi sendiri merupakan suatu lanjutan bagi pendidikan menengah yang nantinya akan diselenggarakan dalam rangka menyiapkan peserta didik agar dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan juga profesionalitas yang menerapkan, menciptakan ilmu pengetahuan, teknologi, kesenian, mengembangkan disiplin ilmu dan sebagainya.

Tentu ada banyak yang mengira kalau namanya Sekolah Menengah Pertama termasuk pada jenjang pendidikan menengah. Memang ini persepsi yang berkembang di masyarakat. Hanya saja ternyata Sekolah Menengah Pertama ini termasuk ke dalam pendidikan dasar karena awalnya memang menjadi dasar bukan pendidikan menengah. Kemudian selain pendidikan formal ada juga pendidikan nonformal seperti melalui kegiatan pembelajaran melalui les atau bimbel, kursus dan sebagainya. Kemudian ada juga pendidikan pelatihan seperti  yang sekarang ini berkembang.

Demikian sedikit informasi tentang Jenjang Pendidikan Formal Di Indonesia. Semoga informasi diatas turut menjadi informasi yang bermanfaat sekaligus menambah wawasan kita dalam dunia pendidikan.

 Baca juga artikel lainnya tentang pendidikan :